Mengenal SAP

System Application and Product “SAP” itu adalah sebuah system (software) yang membantu bisnis untuk mengelola usaha secara mudah, dan efesien. sangat cocok bagi bisnis dalam skala kecil, menengah dan besar.

Apa Keuntungan Menggunakan SAP?

Keuntungan penggunaan Software ini untuk mengkontrol proses-proses yang berlangsung didalam bisnis, membantu perhitungan-perhitungan secara akurat atas transaksi, membantu membuat report/laporan keuangan dan laporan lain nya atas transaksi yang ada di dalam bisnis tersebut.

Keuntungan SAP Business One:

Manajemen Finansial

SAP Business One dapat memperkecil resiko kesalahan dan membantu perusahaan melakukan pengambilan keputusan yang lebih bagus dan mudah untuk perusahaan dengan dilengkapi oleh operasi system yang lebih mudah dan singkatdalam manajemen finansial, termasuk di dalamnya accounting, controlling, fixed asset management, banking and reconciliation, serta financial reporting and analysis.

Busines Intelligence
SAP Business One dapat menyusun laporan secara akurat dan tepat berdasarkan dari data keseluruhan perusahaan dengan analisis dan laporannya, Dalam analisis dan laporan, termasuk di dalamnya analisis secara real-time.

Dalam business intelligence, dapat melakukan pembuatan laporan keuangan secara detail atas data data penjualan, pembelian, inventory, dan assets.

SAP Business One terdiri dari beberapa modul yang digunakan untuk mengelola suatu bisnis dengan mudah dan efesien. Fungsi atas modul yang ada di SAP Business One adalah sebagai berikut :

  • Administration

Modul ini berisi setup sistem yang bertujuan untuk set – up sistem, otorisasi, currency exchange rate, notification, hingga fungsi untuk export import data bisnis Anda.

  • Financial Module

Module Financial ini memiliki fungsi untuk mengatur dan mengelola setiap data Accounting, dan segala laporan keuangan. Selain itu, software SAP ini pun memiliki fungsi untuk mengontrol biaya dan pendapatan, hingga penghitungan mengenai profit perusahaan.

  • CRM

Modul ini digunakan untuk menyediakan informasi yang lebih baik berhubungan dengan pelanggan, selain itu akan membuat perusahaan mengerti tentang bagaimana membuat konsumen puas terhadap layanan perusahaan. Tidak hanya itu saja CRM ini juga akan membantu dalam memperbaiki kualitas servis, menyelesaikan masalah secara tepat waktu, dan juga meningkatkan hubungan yang lebih baik terhadap konsumen.

  • Sales Opportunities

Modul ini memiliki fungsi untuk membantu bagian penjualan dalam proses mengelola, menganalisa informasi dan melihat peluang yang berkaitan dengan penjualan produk perusahaan.

  • Sales A/R

Modul ini dapat digunakan untuk mengatur segala aspek pada proses penjualan produk. Hal ini meliputi pemesanan, penjualan, pengiriman hingga pada proses return.

  • Purchasing A/R

Modul SAP Business One ini memiliki fungsi mengelola setiap transaksi dengan supplier / vendor. Modul Purchasing A/R berisi mengenai proses pembelian barang hingga invoice. Modul ini juga memiliki fitur tambahan, di mana Anda dapat menambahkan harga pokok dari harga biaya angkut.

  • Business Partner

Modul ini berfungsi untuk menyimpan berbagai data master dari berbagai partner bisnis Anda, termasuk semua supplier, pelanggan dan calon pelanggan.

  • Banking

Modul ini digunakan untuk Seluruh transaksi keuangan dalam kegiatan bisnis dapat dihandle dengan modul Banking ini.

  • Inventory

Modul ini digunakan untuk mengetahui segala hal mengenai barang perusahaan. Modul ini memiliki fungsi mengelola stok gudang, daftar harga, alternatif item, harga spesial hingga transaksi gudang dan pengepakan yang lebih efisien dengan menggunakan batch dan nomor seri.

  • Resources

Modul ini digunakan untuk mengelola sumber daya produksi.

  • Production

Modul ini digunakan untuk melakukan segala jenis yang berhubungan dengan production, seperti membuat Formula Barang yang akan dibuat, melakukan persiapan Production dan Prodcution barang tersebut

  • MRP

Modul ini digunakan untuk mengkalkulasikan kebutuhan tertinggi dari suatu Bill of Material (BOM) sesuai dengan sales order dan ramalan tentang permintaan rekomendasi order dijadwalkan sesuai dengan lead time yang telah ditentukan.

  • Service

Modul Service area mengoptimalisasikan potensi dari penjualan dan servis .modul ini meliputi beberapa hal termasuk Service contract management and planning , pelacakkan interaksi dengan customer , customer support serta sales opportunities management.

  • Human Resources

Modul ini digunakan untuk melakukan integrasi terhadap semua proses di dalam departemen human resources. Proses tersebut mulai dari aplikasi atau registrasi, administrasi para karyawan, manajemen waktu, pemenuhan gaji dan masih banyak lagi lainnya.

  • Reports

Modul ini digunakan untuk mempermudah melihat semua report yang ada, Seperti yang ada pada modul Purchase, Sales, Inventory.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *