Latar Belakang
Perusahaan pada phase startup memberikan perhatian yang lebih pada pengembangan pasar dan layanan produk yang dijual. Sumber daya yang dimiliki diarahkan untuk peningkatan market share. Disisi lain peran Administrasi dan Akuntansi tidak kalah pentingnya untuk memonitor hasil yang telah dicapai. Pada kondisi ini “Accounting Services Company” berperan dalam membantu pengelolaan Administrasi dan Akuntansi, agar perusahaan tetap berfokus pada pengembangan pasar tanpa mengabaikan peran administrasi dan akuntansi dalam tingkat harga yang relatif kompetitif.
Accounting Services PT. Dynamic Advantage Partnerindo
Pengelolaan Accounting Services oleh PT. Dynamic Advantage Partnerindo meliputi beberapa antara lain:
- Penyediaan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis secara real time.
- Penyediaan hosting yang memungkinkan akses data dari berbagai lokasi.
- Training dan konsultasi implementasi aplikasi.
- Penyediaan tenaga kerja untuk input transaksi.
- Pelaporan Perpajakan yang meliputi SPT Masa PPN, PPh 21, PPh 23.
- Pelaporan Perpajakan tahunan.
Konfigurasi
Konfigurasi Produk Aplikasi dapat digambarkan sebagai berikut, dalam contoh ini, menggunakan aplikasi SAP Business One Hana
- Menggunakan database Hana – in memory database yang memungkinkan analytic data berjalan dengan cepat.
- Memungkinkan perusahaan untuk mempergunakan aplikasi SAP Business One Hana dengan harga yang relative terjangkau. Tidak ada upfront investment.
- Penggunaan Data Center untuk menjamin keamanan data dan menjaga kualitas pelayanan.
- Memungkinkan untuk diimplementasikan dan dipindahkan ke pengelolaan individual perusahaan(on premise) dimasa yang akan datang dengan mekanisme yang sangat mudah.
- Pengelolaan software dan hardware dilakukan oleh PT. Dynamic, sehingga perusahaan dapat lebih berkonsentrasi dalam mengembangkan usaha.
- Dukungan staff yang memiliki pengalaman di dalam bidang Akuntansi, Perpajakan dan Teknologi Informasi.
Korelasi Produk, Jasa dan Biaya
Pilihan atas jenis dan banyaknya produk jasa yang diperlukan akan berpengaruh pada besarnya biaya untuk pengelolaan Accounting Services. Beberapa hal yang perlu dipertimbankan antara lain adalah:
- License dan Jenis aplikasi yang digunakan. Ada beberapa jenis aplikasi yang dapat digunakan seperti MYOB, Deskera, SAP Business One, Oracle dan lainnya. Setiap aplikasi memiliki feature dan kemampuan yang berbeda. Perbedaan feature dan kemampuan aplikasi akan berpengaruh pada besarnya biaya.
- Biaya Setup. Setiap pilihan jenis aplikasi akan berpengaruh pada jumlah hari yang diperlukan dalam melakukan setup. Semkin banyaknya feature dan kemampuan akan berpengaruh pada lamanya hari kerja untuk melakukan setup dan pada akhirnya akan berpengaruh pada harga.
- Pilihan atas jenis jasa, semakin banyak jasa yang dipilih, mempunyai korelasi terhadap besarnya biaya yang akan dibebankan. Beberapa jenis jasa yang ada adalah:
- Penyediaan hosting.
- Training dan konsultasi implementasi aplikasi.
- Penyediaan tenaga kerja untuk input transaksi.
- Pelaporan Perpajakan yang meliputi SPT Masa PPN, PPh 21, PPh 23.
- Pelaporan Perpajakan tahunan.
Tips Keberhasilan Penggunaan
Agar penggunaan aplikasi dapat digunakan secara maksimal dalam mendukung aktivitas usaha, beberapa hal akan kami terapkan, yakni:
- Module Standard dan menghindari modifikasi yang berlebihan. Aplikasi yang kami gunakan akan kami implementasikan sesuai dengan “best practice” sehingga penggunaan secara standard sangat sarankan dibandingkan dengan melakukan modifikasi secara berlebihan pada module yang ada.
- Training is a must. Pelatihan, baik dalam melakukan setup maupun dalam menggunakan aplikasi merupakan hal yang mendasar yang perlu dilakukan. PT. Dynamic membantu dalam pelaksanaan pelatihan ini agar pengguna dapat menggunakan aplikasi pada tingkat maksimum.
- Review secara periodik. Melakukan review secara periodik akan menghindari kesalahan yang fatal dan kronis, sehingga apabila ada ketidak sesuaian data dapat segera di tangani dan diperbaiki dengan cara yang relatif lebih mudah dan cepat.
Alternative Pilihan
Selain konfigurasi aplikasi di atas, PT. Dynamic dapat membantu dalam melakukan setup untuk implementasi untuk aplikasi “On Premise”, baik menggunakan database MS-SQL maupun dengan mempergunakan Database Hana. Untuk alternatif ini, biaya yang harus dipertimbangkan antara lain adalah: Biaya license, hardware dan tenaga kerja untuk pelaksanaan implementasi.
Untuk informasi detail dapat menghubungi:
Jessica +628128170177
Penjelasan Produk dan Jasa
Accounting Services
Oleh PT. Dynamic Advantage Partnerindo
Pengelolaan Accounting Services oleh Group PT. Dynamic Advantage merupakan pilihan bagi manajemen perusahaan yang ingin berkonsentrasi pada pengembangan usaha, namun, tetap menginginkan adanya fungsi administrasi dan akuntansi untuk memonitor kinerja yang telah dicapai.
Sebagai pengguna, anda akan memperoleh hal-hal berikut:
- Lisensi akses Aplikasi. Lisensi ini adalah lisensi individual yang memungkinkan anda untuk dapat melakukan akses pada data perusahaan, baik untuk input, edit, dan akses pada berbagai laporan kinerja perusahaan. Kode password akses merupakan hal penting yang harus dijaga kerahasiaannya karena menyangkut akses kepada data penting perusahaan. Kami akan menanda tangani surat “kerahasiaan data” dan telah menyusun Standard Operating Procedure untuk menjaga kerahasiaan data perusahaan.
- Laporan Keuangan secara Periodik bulanan atas data yang telah diinput ke dalam system. Laporan meliputi Neraca dan Laporan Laba Rugi perusahaan. Laporan ini dapat pula diakses langsung dengan menggunakan lisensi yang ada setiap kali diperlukan.
- Laporan bulanan perpajakan yang terkait dengan aktivitas usaha akan kami siapkan (tergantung pilihan jasa yang dipilih) yang meliputi Laporan perpajakan seperti SPT Masa PPN, SPT Masa PPh Pasal 23, SPT Masa PPh Pasal 4 ayat 2, SPT Masa PPh25 dan SPT Masa PPh Pasal 21. Staf perpajakan kami akan menyusun laporan tersebut berdasarkan data yang telah diinput di dalam system.
- Pengguna dapat menghubungi contact center untuk mendiskusikan hal-hal yang diperlukan yang terkait dengan pembukuan transaksi dan system aplikasi.
- Pelaksanaan input transaksi menjadi tanggung jawab pengguna, namun, kami dapat menyediakan tenaga pelaksana input atas dasar informasi yang diberikan. Tanggung jawab kebenaran transaksi merupakan tanggung jawab pengguna, kami akan memastikan bahwa input transaksi yang kami lakukan sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh pengguna.
- Kami akan melakukan backup data secara periodic dan menjaga keamanan data perusahaan.